Langsung ke konten utama

Prezi Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia

Prezi adalah sebuah perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet (SaaS). Selain untuk presentasi, Prezi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas virtual.

Cara Membuat Media Prezi Efektif
Cara membuat media prezi hampir sama dengan cara membuat media power point, yaitu sebaga berikut:
1.      Hanya menggunakan 2 font style (Arial, Verdana, Tahoma). Namun, karena di prezi online tidak tersedia font tersebut bisa menggunakan font lain asalkan berbeda antara font yang digunakan antara judul dengan isi.
2.      Dalam satu slide harus dibatasi maksimal empat
For good comunication it is best to limit the number variations (bold, italic, underline/style changes to a maximum of four.
3.      Background yang digunakan harus punya warna yang berbeda dengan tulisan.
4.      Font title (30-40), font content (20-30). Namun, karena size tidak dapat ditentukan bisa menggunakan size yang berbeda antara judul dan isi. Judul menggunakan size lebih besar dari isi.
5.      Don’t be more than 10-12 line for slide.
6.      1 slide is determine  of 1 topic.
7.      Give a title on every slide and using “next, continued, et” for continuing topic in the next slide.
8.      Don’t use on offerd  pict, background, shape and animation.

Prezi Teori Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia

Tampilan Awal

Berisi seluruh tampilan awal. Judul ditaruh di tengah dengan size berbeda dan lebih besar. Judul menggunakan font Work Sans, dan dibold. Keterangan berupa nama, nim, mata kuliah dan kelas ditraruh di sebelah kanan dengan ukuran lebih kecil dari size judul, font Tinos. Sedangkan KD ditaruk disebelah kanan bawah agar tidak mengganggu penjelasan materi. Ukuran sizenya besar dan diantara judul, dan keterangan nama, nim, mata kuliah dan kelas. Font KD menggunakan Tinos, tidak bold.

Slide Teori Masuk Islam

Berisi penjelasan materi teori masuk islam. Judul menggunakan font Work Sans, sedangkan isi menggunakan font Tinos. Ukura size judul lebih besar dari isi. Judul di bold sedangkan isi tidak, hanya kata penting yang menjadi kata kunci yaitu islam. Gambar sengaja saya taruh sebelah 
kanan tulisan agar tidak mengganggu tulisan, setelah membaca tulisan maka bisa mengklik gambar, maka gambar akan membesar.

Slide Shape Teori Masuk Islam

Berisi shape teori masuk islam. Judul menggunakan font Work Sans, sedangkan isi menggunakan font Tinos. Ukuran size judul lebih besar dari isi. Judul di bold sedangkan isi tidak bold. Saya menggunakan shape radio dan di sebelah kiri atas saya beri nomor agar mudah dalam mengurutkan dan mengetahui ada berapa teori masuknya agama islam di Indonesia.

Slide Video Teori Masuk islam

Berisi video teori masuk islam. Judul menggunakan font Work Sans, sedangkan isi menggunakan font Tinos. Ukuran size judul lebih besar dari isi. Judul di bold sedangkan isi tidak bold. Saya memberi keterangan dan video yang dituju.


Slide Link Teori Masuk islam

Berisi link teori masuk islam. Judul menggunakan font Work Sans, sedangkan isi menggunakan font Tinos. Ukuran size judul lebih besar dari isi. Judul di bold sedangkan isi tidak bold. Saya memberi keterangan dan link yang dituju.


Tampilan Terakhir

Tampilan terakhir menuju pada tampilan awal berisi seluruh tampilan awal. Judul ditaruh di tengah dengan size berbeda dan lebih besar. Judul menggunakan font Work Sans, dan dibold. Keterangan berupa nama, nim, mata kuliah dan kelas ditraruh di sebelah kanan dengan ukuran lebih kecil dari size judul, font Tinos. Sedangkan KD ditaruk disebelah kanan bawah agar tidak mengganggu penjelasan materi. Ukuran sizenya besar dan diantara judul, dan keterangan nama, nim, mata kuliah dan kelas. Font KD menggunakan Tinos, tidak bold.

Kekurangan
Kurang sumber

Kelebihan

Font yang digunakan judul besar dan jelas sehingga mempermudah peserta didik dalam membaca. Background yang digunakan bewarna hijau dan tulisan hitam. Sehingga tulisan dapat terbaca. Gambar tidak mengganggu materi. Pemilihan shape tepat dan kreatif. Dalam slide video dan link terdapat keterangan sehingga memudahkan peserta didik tanpa harus dijelaskan oleh pendidik bahwa video atau link yang dituju berisikan mengenai video teori masuk islam dan buku yang menjadi sumber rujukan untuk belajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mind Mapping Teori Proses Masuk dan Berkembanganya Agama dan Kebudayaan Islam di Indoneia

Pengertian Mind Maping Mind Mapping (Peta Pikiran)  pertama kali dikembangkan oleh Tony Buzan, seorang Psikolog dari Inggris. Beliau adalah penemu  Mind Map (Peta Pikiran), Ketua Yayasan Otak, pendiri Klub Pakar ( Brain Trust ) dan pencipta konsep Melek Mental. Mind map diaplikasikan di bidang pendidikan, seperti teknik, sekolah, artikel serta menghadapi ujian. Mind maping dapat diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dari cabang-cabang sel saraf membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan gampang dimengerti oleh pembuatnya. Sehingga tulisan yang dihasilkan merupakan gambaran langsung dari cara kerja koneksi-koneksi di dalam otak. Mind maping adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Mind maping mengembangkan cara berpikir divergen dan berpi

Peta Konsep Teori Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia

A. Pengertian Menurut Ausubel (dalam Dahar, 1989) “belajar dapat diklasikfikasikan ke dalam dua dimensi”. Dimensi pertama berhubungan dengan cara informasi atau materi pelajaran disajikan kepada siswa, melalui penerimaan atau penemuan. Di-mensi kedua menyangkut cara bagaimana siswa dapat mengaitkan informasi itu pada struktur kognitif yang telah ada. Struktur kognitif adalah fakta-fakta, konsep-konsep dan generalisasi-generalisasi yang telah dipelajari dan diingat oleh siswa. Pada tingkat pertama dalam belajar, informasi dapat dikomunikasikan pada siswa baik dalam bentuk belajar penerimaan yang menyajikan informasi itu dalam ben-tuk final, maupun dengan bentuk belajar penemuan yang mengharuskan siswa me-nemukan sendiri sebagian atau seluruh materi yang akan diajarkan. Pada tingkat kedua, siswa menghubungkan atau mengaitkan informasi itu pada pengetahuan (berupa konsep-konsep atau lain- lain) yang telah dimilikinya. Menurut Ausubel (dalam Parno, 2007:7) Berdasarkan terhubung atau t

Flow Chart Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia

Chart adalah suatu objek grafik 2D atau 3D yang merepresentasikan suatu nilai atau hasil dalam bentuk batag, kolom, garis, dan sebagainya. Flowchart adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program. Berikut ini adalah beberapa simbol yang digunakan dalam menggambar suatu flowchart: Flowchart terbagi atas lima jenis, yaitu: Flowchart Sistem ( System Flowchart ) Flowchart Flowchart Dokumen ( Document Flowchart ) Flowchart Skematik ( Skematik Flowchart ) Flowchart Program ( Program Flowchart ) Flowchart Proses ( Process Flowchart ) Flowchart Sistem Flowchart sistem merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Dengan kata lain, Flowchart ini merupakan deskripsi secara grafik dari urutan pros